Rabu, 25 Maret 2009

Makanan Laut Usir Malnutrisi


Sumber : Kompas.com

INDONESIA dikelilingi oleh lautan. Tak heran, produksi ikan terbilang melimpah. Sayang, berkah ini tak dibarengi kesadaran rakyatnya menyantap ikan. Tingkat konsumsi ikan kita terhitung rendah, cuma 26 kilogram per orang saban tahun, paling rendah se-Asia Tenggara.

Ali Khomsan, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor bilang, protein yang terkandung di ikan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Protein dalam ikan bisa menjadi sumber protein utama karena kelengkapan komposisi kandungan asam aminonya. Kelebihan lainnya, sama dengan protein hewani seperti daging atau susu, zat gizi dan protein dalam ikan juga mudah terserap oleh tubuh.

Lebih lagi, ikan juga memiliki kelebihan lain yakni memiliki kandungan asam-asam amino esensial yang lengkap, contohnya asam lemak tak jenuh omega 3 (DHA, docosahexaenoic acid, C20 H3002) yang tak dimiliki produk makanan daratan, baik hewani maupun nabati. Jika konsumsi makan ikan pada balita Indonesia meningkat, masalah gizi buruk bisa disingkirkan. "Kecerdasan anak Indonesia juga meningkat," ujarnya. *

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial